Pengertian Asam Mefenamat, Manfaat, Aturan Dosis dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Apakah sebenarnya Asam Mefenemat itu dan apa manfaatnya? seorang dokter biasanya akan menganjutkan ke pasiennya jika terjadi rasa nyeri yang hebat baik disebabkan oleh peradangan tenggorokan atau pun yang lainnya.

Asam Mefenemat pada dasarnya diberikan kepada pasien dengan tujuan untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit yang diakibatkan oleh suatu penyakit, seperti contohnya sakit gigi,sakit kepala dan masih banyak yang lainnya.

Fungsi utama dari Asam mefenamat ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit karena suatu penyakit, tetapi disini cara obat akan menjelaskan banyak hal yang harus anda ketahui tentang obat asam mefanemat ini,secara detail yang akan kita bahas adalah sebagai berikut;
  1. Pengertian Asam Mefenamat
  2. Manfaat Asam Mefenamat
  3. Aturan Dosisi Asam Mefenemat
  4. Efek Samping Asam Efenemat
Cukup banyak penjelasan yang harus anda ketahui maka dari itulah saya harap anda baca baik-baik agar anda tahu akan fungsi obat ini dan tidak salah penggunaannya, untuk lebih detail langsung saja yuk kita bahas
pengertian asam mefenamat,manfaat,aturan dosis dan efek sampingnya

Pengertian Asam Mefenamat

Asam mefenamat adalah salah satu jenis obat yang masuk dalam golongan Obat anti-inflamasi non-steroid  (OAINS) atau dalam bahasa inggrisnya non steroidal anti-inflammatory Drugs (NSAIDs). Obat ini digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang ringan hingga sedang, seperti pada nyeri otot, kram menstruasi, sakit kepala, dan sakit gigi.

Mekanisme kerja asam mefenamat (Asmef) yaitu dengan cara menghalangi efek enzim yang disebut siklooksigenase (COX). Enzim ini membantu tubuh untuk memproduksi bahan kimia yang disebut prostaglandin. Nah, prostaglandin ini yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Dengan menghalangi efek enzim COX, maka prostaglandin yang diproduksi akan lebih sedikit, sehingga rasa sakit dan peradangan akan mereda atau membaik.

Manfaat Asam Mefenamat


Secara umum Manfaat Asam Mefenemat / Asmef adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mengatasi permasalahan menstruasi. Obat ini biasanya memang dimanfaatkan dalam menghilangkan derita rasa sakit, seperti bursitis, peradangan di urat daging atau tendon, ketegangan otot atau kram dan sebagainya. Nyeri saat sedang menstruasi juga bisa mengatasinya dengan asam mefenamat. Obat ini akan menghambat aktivitas hormon prostaglandin yang bisa mengakibatkan nyeri dan peradangan di dalam tubuh.

Perlu anda ketahui selain manfaat diatas jika dikupas ternyata banyak sekali manfaat lainnya yaitu;
  1. Mengatasi Nyeri pada Gigi
  2. Mengatasi nyeri di kepala
  3. Mengatasi nyeri otot
  4. Mengatasi nyeri saat menstruasi
  5. Mengatasi nyeri pasca operasi
  6. Mengatasi nyeri yang disebabkan oleh trauma
Nah itulah beberapa manfaat asam mefenamat yang perlu anda ketahui jadi kurang lebih obat ini manfaat nya adalah sebagai penghilang nyeri / sakit.

Aturan Dosisi Asam Mefenamat ( Asmef )

Penggunaan dosis yang tidak benar akan berakibat sangat fatal bagi anda, apalagi jika asal-asalan dalam mengkonsumsi obat ini, untuk lebih baiknya anda bisa konsultasi dengan dokter untuk meminta resep yang benar dalam penggunaannya, secara umum aturan dosis penggunaan asam mefenemat ini adalah;
  1. Cara Penggunaan Gunakan obat ini setelah makan Sediaan obat asam mefenamat yaitu berupa tablet yang dimakan melalui mulut. 
  2. Dapat ditelan dengan makanan atau minuman seperti air putih. 
  3. Gunakan segelas penuh air putih (8 oz / 240 ml) seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. 
  4. Jika pagi Anda lupa sudah minum obat atau belum, maka anggap saja sudah meminumnya dan minumlah sesuai dengan jadwal berikutnya. 
  5. Jangan sampai Anda meminum dua dosis sekaligus Jangan mengunyah atau menghancurkan obat ini hanya karena alasan agar lebih mudah meminumnya.
Asam Mefenemat bisa dikemas dalam berbagai bentuk baik berupa obat cair, kapsul maupun tablet, sekarang ada berbagai merek dari asam mefenemat ini, tetapi untuk lebih baiknya aturan pakai harus sesuai dengan resep dokter.

Kalau untuk menangani rasa nyeri akibat menstruasi, sebaiknya dikonsumsi sejak hari pertama haid atau ketika rasa nyeri akibat haid muncul. Untuk hasil maksimal sangat disarankan untuk meminum obat ini selama 2 hingga 3 hari pertama haid. Obat tersebut memang secara umum hanya bisa dikonsumsi dalam waktu singkat. Kalau membutuhkan konsumsi dalam jangka panjang, sebelumnya harus berkonsultasi dengan dokter.

Untuk memaksimalkan khasiatnya sebaiknya selalu minum obat ini pada jam yang sama setiap harinya. Kalau Anda lupa minum obat ini pada jam yang sama, janganlah menggandakan dosisnya pada konsumsi berikutnya. Anda bisa langsung mengonsumsi obat ini begitu teringat.

Larangan Konsumsi Asam Mefenamat

Berbagai kondisi berikut ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa menimbulkan efek samping berbahaya.
  1. Ibu hamil dan ibu menyusui masih bisa mengonsumsi obat ini, tapi harus sesuai resep dokter.
  2. Kalau sedang merencanakan kehamilan, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena bisa mengurangi tingkat kesuburan seseorang.
  3. Kalau Anda berusia lebih dari 65 tahun harus mewaspadai penggunaannya.
  4. Obat ini harus diminum sesudah makan.
  5. Obat ini bisa mengakibatkan rasa kantuk, sehingga tidak disarankan agar tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat setelah meminumnya karena sangat berbahaya.
  6. Penderita penyakit tertentu sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini, seperti penderita pofiria, lupus, epilepsi, hipertensi, gangguan penggumpalan darah, penyakit jantung, gangguan ginjal, gangguan hati, anemia, asma, inflamasi usus, tukak lambung dan yang sudah pernah mengalami operasi organ jantung.
  7. Kalau mengalami reaksi berupa alergi atau terjadi overdosis harap segera menghubungi dokter.
  8. Dosis aman asam mefenamat biasanya dengan takaran 500 mg sebanyak 3 kali dalam sehari. Dosis konsumsi obat ini sebenarnya sangat tergantung dari tingkat keparahan dari rasa sakit yang diderita dan juga respon tubuh setelah mengonsumsi obat tersebut. Sebelum mengonsumsi obat ini harus mengikuti saran dosis aman asam mefenamat dari dokter dan memahami semua keterangan di dalam kemasannya.

Efek Samping Asam Mefenamat 


Setiap obat apapun pasti memiliki manfat dan juga efek samping jangka pendek maupun panjang dari orang yang mengkonsumsinya, tak lain halnya dengan asam mefenamat ini juga memiliki beberapa efek samping pada saat mengkonsumsi.

Beberapa efek samping mengkonsumsi asam mefenemat yang biasa muncul ketika habis mengkonsumsi adalah kelelahan, mengantuk,sakit kepala, mual, tidak nafsu makan, gangguan penceraan pada ulu hati.

Jika setelah mengkonsumsi obat ini seperti kondisi dibawah ini;
  • muntah darah
  • tinja terlihat hitam atau bahkan berdarah
  • diare dan sariawan
  • Perut kembung
  • sakit kepala
  • mual
  • sakit perut
Maka segeralah anda hentikan mengkonsumsinya, dan segera periksa ke dokter dan berikan ulasan keluhan yang anda alami setelah mengkonsumsi obat tersebut, sehingga dokter akan memberikan penangkalnya serta alternatif obat lainnya.

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami salah satu efek samping Asam mefenamat yang berat seperti berikut:
  • Reaksi alergi yang parah,seperti ruam, gatal-gatal, kesulitan bernapas, sesak di dada, pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah; 
  • Buang air besar berdarah merah atau hitam; 
  • Perubahan jumlah produksi urin, atau urin berubah warna menjadi gelap atau merah. 
  • Nyeri dada; 
  • Kebingungan; 
  • Pingsan; Detak jantung cepat atau tidak teratur; 
  • Demam, menggigil, atau sakit tenggorokan persisten; 
  • Perubahan mental atau suasana hati; 
  • Mati rasa pada tangan atau kaki; 
  • Kelemahan anggota gerak salah satu sisi; 
  • Kulit merah, bengkak, melepuh, atau mengupas; 
  • Telinga berdering; Sakit kepala atau pusing berat; 
  • Sakit perut parah atau berkelanjutan atau mual; 
  • Muntah yang parah; Sesak napas; 
  • Memar atau perdarahan yang tidak biasa; 
  • Kelelahan atau kelemahan yang tidak biasa; 
  • perubahan penglihatan ataupun kemampuan bicara; 
  • Menguningnya kulit atau mata. Baca: Penyakit Kuning
Informasi Keamanan

  • Obat Asam  Mefenamat dapat menyebabkan pusing atau mengantuk. Jadi, jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin yang membutuhkan kewaspadaan tinggi. 
  • Sakit maag yang serius atau perdarahan dapat terjadi, apabila menggunakan obat ini dalam dosis tinggi atau untuk waktu yang lama, ditambah lagi kebiasaan merokok, atau minum alkohol. 
  • JANGAN menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan atau digunakan selama lebih dari yang ditentukan tanpa memeriksa dengan dokter Anda. 
  • Jangan minum aspirin saat Anda menggunakan asam mefenamat kecuali dokter yang menganjurkan. 
  • Obat ini harus digunakan dengan sangat hati-hati pada anak dibawah 14 tahun; karena keamanan dan efektivitasnya belum dikonfirmasi. 
  • Pada Ibu Hamil: Obat ini dapat membahayakan janin. Jangan menggunakannya selama 3 bulan terakhir kehamilan. Jika ada kemungkinan hamil, maka sebaiknya hubungi dokter. Anda harus mendiskusikan manfaat dan risiko penggunaan asam mefenamat saat Anda sedang hamil. Pada Ibu Menyusui: 
  • Berdasarkan pengamatan, obat ini ditemukan dalam ASI. Jadi, jangan menyusui saat minum obat asam mefenamat.

Sumber :
http://mediskus.com/asam-mefenamat
https://www.deherba.com/manfaat-dan-aturan-konsumsi-asam-mefenamat.html

Semoga Penjelasan mengenai Asam Mefenamat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam mengetahui obat obatan baik dari fungsinya, aturan pakai, serta efek sampingnya, cukup sekian dulu dari obat tradisional, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

close